Destinasi Wisata Mudik di JATIM

Tanjung Papuma, Jember
#DolinBro #JawaTIMUR

Lelah perjalanan mudik tak bisa dihindarkan. Tak hanya sang Ayah yang merasakan akibat harus berkonsentrasi sepanjang jalan, agar mobil terkendali maksimal hingga selamat sampai tujuan. Anggota keluarga lain pun tak luput didera lelah. Apa jalan keluarnya?


Solusi paling tepat untuk keluarga adalah dengan berkunjung ke obyek-obyek wisata. Menikmati keindahan obyek wisata kerap menjadi tempat paling ramai selama lebaran. Berkumpulnya sanak keluarga memang lebih mengasyikkan bila digunakan untuk mengunjungi obyek wisata beramai-ramai. Tinggal pilih obyek wisata mana yang paling disuka, seperti wisata artifisial, hutan, atau pantai.

Tidak kalah penting, kita pun harus cerdas mempersiapkan rencana berwisata. Di bagian akhir tulisan ini kami tambahkan tips berwisata. Sekedar berbagi kebaikan untuk saling mengingatkan hal-hal bermanfaat. Demi kenyamanan dan kepuasan berwisata Anda dan keluarga.

>> Wisata Artifisial

Ciputra Water Park (CitraLand/Surabaya)
Merupakan sarana wisata air modern yang berada di kawasan Surabaya Barat. Aneka permainan air tersedia, cukup bagus untuk menjadi tujuan rekreasi keluarga. Macam-macam sarana akan memberi keceriaan tersendiri bagi anak-anak.

Food Festival (Pakuwon City/Surabaya)
Berada di wilayah Surabaya Timur, diresmikan pada bulan oktober tahun lalu dan termasuk di dalam kawasan Pakuwon City. Buka mulai pukul 17.00 dibuat dengan konsep food court semi outdoor. Dibangun diatas lahan seluas 5 hektar dan memiliki lebih dari 60 tenant resto dengan beragam makanan, kebanyakan adalah makanan Indonesia, seperti sate, soto, pecel sampai nasi campur.

Delta Fishing (Buduran/Sidoarjo)
Semula kawasan ini sekedar pemancingan biasa. Kini sudah disulap menjadi sebuah kawasan wisata dengan fasilitas lengkap. Areal seluas sekitar 2 hektar ini menyediakan fasilitas pemancingan dan rekreasi yang terintegrasi.

Taman Rekreasi Sengkaling (Sengkaling/Malang)
Di dalam taman rekreasi seluas 15 hektar ini terdapat bermacam arena main. Ada beberapa kolam renang; Tirta Sari Pool, Tirta Alam Pool, Pesona Primitif Pool, dan Cuttel Pool, yang menyajikan berbagai wahana bermain air yang unik dan menarik. Selain itu ada taman bermain lengkap dengan kereta mini, bom-bom car, kapal misteri, mini zoo, jembatan gantung, lapangan sepak bola. Sengkaling berada di antara kota Malang dan Kota Batu.

Wendit Water Park (Wendit/Malang)
Wendit Water Park (WWP) sejatinya merupakan wisata alam berupa sumber mata air paling besar di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis. WWP sudah didukung dengan wahana wisata buatan seperti water boom, carosel, worm coster serta boom-boom car.

Jatim Park (Kota Batu)
Wisata keluarga ini terletak di Batu. Di dalam taman bermain keluarga ini banyak ditawarkan arena-arena bermain. Lokasi Wisata Keluarga di Jawa Timur, tempat ini merupakan tempat terlengkap untuk wilayah Jatim.

Museum Satwa & Secret Zoo (Kota Batu)
Sebuah tempat rekreasi di Kota Batu, Jawa Timur. Obyek wisata ini berada sekitar 20 km arah Barat Kota Malang dan kini menjadi salah satu ikon baru wisata Jawa Timur. Menyajikan satwa yang diawetkan dan fosil-fosil purba yang didatangkan dari berbagai Negara diseluruh benua. Masuk Kelurahan Temas Dari Pasar Besar Batu/Terminal Batu, jalan menuju Oro-oro Ombo tidak sampai 2 Km.

Batu Night Spektakuler (Kota Batu)
Sebuah wahana wisata di Kota Batu. Di malam hari bisa menikmati suguhan wisata paling spektakuler di Jawa Timur. Obyek wisata yang berlokasi di Desa Oro-oro Ombo ini menyajikan aneka wahana yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga anda. Seperti galeri hantu, slalom tes, sepeda udara tertinggi, lampion garden, dan trampoline. 

Eco Green Park (Kota Batu)
Persembahan Jawa Timur Park Group sebuah tempat wisata bernuansa lingkungan dan ekosistem yang dikemas secara cantik dan bertaraf Internasional. Eco Green Park terletak di lereng Gunung Panderman Kota Wisata Batu, dengan udara yang sejuk dan lukisan alam yang indah akan menambah kenyamanan anda bersama keluarga.

Menyediakan 35 wahana yang memadukan Konsep Wisata Alam, Kebudayaan, Lingkungan dan Seni inspiratif, Menarik dan Mendidik.

Museum Angkut (Kota Batu)
Berjarak 1 km dari Jawa Timur Park 1, merupakan perpaduan tempat wisata yang unik berisi sejarah dan perkembangan dunia angkutan, dipadu dengan legenda Movie Star dijamannya dengan latar belakang kota-kota dan bangunan eksotis di Batavia, Eropa, Amerika. Museum Angkut ini dibangun untuk menghargai para pencipta berbagai jenis angkutan di dunia mengingat perkembangan teknologi angkutan terus berkembang setiap saat. 

Waterpark Sumber Udel (Bando/Blitar)
Objek wisata ini memiliki luas 1 ha, terletak di pinggiran kota Blitar, dekat dengan makam Bung karno dan stadion Blitar, tepatnya di Jl. Kali Brantas, sekitar 100 M dari Stadion Blitar. Waterpark Sumber Udel merupakan objek wisata taman air yang lengkap dengan aneka permainan air.

Waterland (Bypass Mojokerto)
Menarik sebagai alternatif sarana hiburan keluarga. Letaknya mudah karena di jalur utama Mojokerto-Surabaya. Bukan taman bermain tapi lebih tepatnya Waterboom.

Tirta Wisata (Peterongan/Jombang)
Tempat wisata lokal yang terdapat balekambang, kolam pancing, kolam renang dan lapangan tenis. Tempat ini sering diselenggarakan berbagai konser, baik artis regional hingga artis ibukota. Terletak di tepi jalan raya Jombang-Surabaya, Desa Keplaksari, Kecamatan Peterongan.

Gumul Paradise Island (Gumul/Kediri)
Dibangun di area seluas 1,5 Ha, melengkapi berbagai sarana dan fasilitas yang sudah ada, seperti terminal, Bank Daerah, dan gedung pertemuan. Merupakan obyek wisata unggulan, wahana wisata air ini dapat menjadi alternatif tujuan masyarakat ketika mengunjungi kawasan Simpang Lima Gumul, selain Pasar Tugu dan monumen SLG yang telah menjadi ikon Kabupaten Kediri.

Kediri Waterpark (Semen/Kediri)
Waterpark Kediri berdiri di atas lahan sekitar 6 hektar yang dilengkapi dengan wahana air dan non air. Untuk wahana air dilengkapi dengan waterslide dengan panjang sekira 100 hingga 200 meter. Adapun lokasi waterpark tepatnya berada di desa Pagung, kecamatan Semen, kabupaten Kediri, yang dapat ditempuh sekira 10 menit dari terminal bus Kota Kediri.

Taman Rekreasi Umbul (Glonggong /Madiun)
Fasilitas yang ada seperti Kolam renang air belerang, kebon binatang mini, Pesangrahan (gedung pertemuan), penginapan, rumah makan,warung, tempat bermain anak, Beberapa di antaranya peninggalan kuno Hindu/Budha berupa patung sapi.

Museum Pra Sejarah Trinil (Kedunggalar/Ngawi)
Museum ini terletak di desa Trinil, kecamatan Kedunggalar atau sekitar 30 menit dari kota Ngawi. Museum Trinil terletak dipinggiran sungai Bengawan Solo, tepat berada ditemukannya fosil Manusia Berjalan Tegak pertama kali oleh Eugene Dubois, seorang ilmuwan Belanda. Oleh Eugene Dubois, fosil tersebut ia namakan Phithecantropus Paleo Javanicus artinya manusia Jawa yang berjalan tegak.

Pemandian Tawun(Kasreman/Ngawi)
Pemandian Tawun terletak kurang lebih 10 km dari kota Ngawi. Sebelumnya pemandian Tawun merupakan sebuah sendang yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk melakukan ritual desa. Di pemandian Tawun sendiri terdapat kolam renang, Selain itu terdapat pula gazebo-gazebo, kolam Bulus (kura-kura sungai), kolam ikan, hotel, sendang dan play ground.

Telaga Sarangan (Plaosan/Magetan)
Telaga Sarangan terletak di Kecamatan Plaosan. Di sekeliling telaga terdapat dua hotel berbintang, 43 hotel kelas melati, dan 18 pondok wisata.Di samping puluhan kios cendera mata, pengunjung dapat pula menikmati indahnya Sarangan dengan berkuda mengitari telaga, atau mengendarai kapal cepat. Fasilitas obyek wisata lainnya rumah makan, tempat bermain, pasar wisata, tempat parkir, tempat ibadah, dan taman.

Taman Ria Manunggal (Kota Magetan)
Terletak di bagian timur dari kota Magetan +/ - 1 km dipersiapkan fasilitas tempat bermain anak-anak, kolam renang untuk anak-anak sampai tingkat dewasa. Terdapat pula rumah makan Manungggal dengan berbagai macam masakan khas Magetan, melayani untuk umum.

Wisata Bahari Lamongan (Paciran/Lamongan)
Sebuah kawasan wisata tahap awal seluas 17 hektar telah dibangun guna memenuhi kebutuhan sarana hiburan bagi keluarga Jawa Timur maupun dari seluruh wilayah Indonesia. Kawasan wisata itu dikenal dengan nama Wisata Bahari Lamongan atau Jatim (Jawa Timur) Park II, yang merupakan "saudara kandung" dari Jatim Park I yang berlokasi di kota administratif Batu Malang.

Taman Tirta Dander (Dander/Bojonegoro)
Taman Tirta adalah kolam renang obyek wisata yang sangat strategis, karena yang terletak di kota Bojonegoro, tepatnya di Jalan WR. Supratman. 

Taman Safari Indonesia II (Prigen/Pasuruan)
Berlokasi di lereng Gunung Arjuna, Desa Jatirejo, Kecamatan Prigen. Sering juga disebut dengan nama Taman Safari Prigen, taman ini mulai beroperasi pada tahun 1997, menempati areal seluas 340 Ha. Berada pada ketinggian antara 800 sampai 1.500 dpl dan berhawa sejuk. 

Kaliandra Sejati (Prigen/Pasuruan)
Berada di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Kaliandra mengembangkan beragam program pelatihan dan fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung, baik lokal maupun internasional. Hasil dari kunjungan para tamu digunakan untuk menunjang kegiatan sosial bersama warga sekitar, seperti: pelestarian alam dan budaya, pengembangan ekonomi lokal, peningkatan kualitas SDM.

Water Park KWT (Kedung Jajang /Lumajang)
Water Park di Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT) berada di Desa Wonorejo. Obyek wisata buatan ini dikelola oleh Pemerintah Lumajang. Merupakan sarana permainan air yang cukup favorit di kalangan masyarakat.

Taman Botani Sukorambi (Sukorambi/Jember)
Objek wisata ini terletak di Jalan Mujahir, Desa Sukorambi, Kecamatan Sukorambi. Dari alun-alun Kota Jember hanya berjarak sekitar 11 kilometer ke arah barat. Di sini diperkenalkan berbagai macam tumbuhan yang dipadukan dengan kolam renang dan lembah yang indah serta hamparan sawah yang luas. Sehingga terciptalah objek wisata buatan yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Lokasi lebih kurang 8 ha dengan sejumlah kontur. 

Alam Indah Lestari (Banyuwangi)
Alam Indah Lestari merupakan salah satu objek wisata keluarga yang bernuansa Agrowisata. Dengan harga yang terjangkau, keluarga akan terhibur dengan fasilitas yang disediakan oleh Alam Indah Lestari. Fasilitas tersebut antara lain : water boom, kebun jeruk, karaoke, penginapan dan lain sebagainya. Untuk mencapai tempat ini cukup mudah.

Taman Suruh (Glagah/Banyuwangi)
Taman Rekreasi dan kolam renang Taman Suruh terletak di jalan Kalibendo, Wonosari,Glagah, Banyuwangi. Cuacanya sejuk dan menyenangkan. Kolam renang untuk anak-anak maupun dewasa tersedia disini. Di samping itu, arena bermain anak, ruang pertemuan dan wisata agro, kolam pancing, jogging track, cafe dan tempat parkir yang luas.

Taman Wisata Kota (Kota Bangkalan)
Keberadaan taman wisata ini relative baru. Namun sudah banyak menarik pengunjung yang ingin melihat keelokan kota Bangkalan. Tempatnya yang sejuk, membuat banyak orang betah untuk tinggal di sana. Posisi taman kota ini, berada di pusat kota Bangkalan. Tepatnya dibelakang stadion Bangkalan.

Sumber Otok (Camplong/Sampang)
Terletak di Desa Taddan, ditempuh kurang lebih 4 km dari Pusat kota Sampang melalui jalur arteri Nasional yaitu jalan Sampang-Pamekasan. Dapat menikmati wisata pemandian sumber mata air alami yang mengandung mineral dilengkapi permainan anak. 

Monumen Are' Lancor (Kota Pamekasan)
Terletak di jantung Kota Pamekasan di depan Masjid Agung Asyuhada' dan dikelilingi jalan yang berbentuk melingkar lafadz Allah. Merupakan monumen perjuangan kepahlawanan Rakyat Madura dalam mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan Indonesia. Kawasan di sekitarnya juga kerap menjadi arena santai masyarakat setempat.

Taman Adipura (Kota Sumenep)
Taman yang oleh masyarakat setempat juga dikenal dengan sebutan Taman Bunga, karena bekas Alun-alun Sumenep itu sudah ditata rapi dengan hiasan penuh bunga. Menjadi ajang interaksi santai masyarakat, terutama di malam hari. Di kelilingi oleh pedagang makanan, mainan, dan lainnya. 

Sumekar Waterpark (Manding/Sumenep)
Tempat wisata Water Park Sumekar (WPS) dibangun di atas lahan 1 hektar lebih di Desa Kasengan, Kec. Manding, Sumenep. Tepatnya sekitar 500 M sebelah barat Asta Tinggi Sumenep. Pengunjung akan nyaman menikmati fasilitas-fasilitas pendukung; restroom, tempat bilas, Mini Cafe, panggung hiburan, Rest Area yang rindang dengan cemara udang, kebun binatang mini.

>> Wisata Hutan

Taman Nasional Alas Purwo (Tegaldlimo/Banyuwangi)
Taman Nasional yang juga dikenal dengan sebutan Semenanjung Blambangan ini merupakan kawasan konservasi yang ada di ujung Timur Pulau Jawa. Berjarak sekitar 80 Km Tenggara Banyuwangi. Di habitat alami di sini masih banyak hidup binatang dan tanaman dilindungi. Seperti Banteng, Rusa, Burung Merak dan lainnya. Ditambah lagi obyek pendukung yang ada di sekitarnya, seperti pantai Plengkung.

Air Terjun Lider (Songgon/Banyuwangi)
Berada di desa Sumber Arum, kecamatan Songgon. Bila berangkat dari kecamatan Sempu melewati desa Jambewangi, maka hutan pinus, perkebunan kopi dan cengkeh akan menjadi pemandangan yang terdapat disepanjang jalan. Perjalanan menempuh medan sulit akan terbayar setelah tiba di lokasi terjun. Air terjun dengan ketinggian sekitar 100 meter dihiasi beberapa air terjun kecil membuat tempat ini nampak indah.

Taman Nasional Meru-Betiri (Sarongan/Banyuwang)
Kawasan konservasi ini sebenarnya tidak benar-benar berada di wilayah Banyuwangi. Taman Nasional ini dipangku oleh kabupaten, Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso. Konon, di sinilah tempat hidup asli Macan Jawa, yang kini dikabarkan punah.

Taman Nasional Baluran (Situbondo)
Lokasinya berada di ujung Timur Daya Pulau Jawa, tepatnya di Kab. Situbondo. Baluran merupakan kawasan konservasi yang memiliki iklim savana tropis di Indonesia.

Hutan Bambu (Candipuro/Lumajang)
Berada di desa Sumbermujur, hutan bambu alami yang memesona ini memiliki luas 9 Ha. Tepat berada di tengah-tengah antara desa yang mengitarinya. Lebih dari 10 jenis, dan sekitar 250 rumpun bambu ada di sana. Letaknya 35 Km arah Barat pusat kota Lumajang. Hutan yang berada di ketinggian di atas 700 Mdpl ini berada di kaki Gunung Semeru.

Segitiga Ranu (Ranu Klakah/ Lumajang)
Ranu Klakah, Ranu Pakis, dan Ranu Bedali. Hanya Ranu Bedali yang terletak di Kec. Ranuyoso. Ketiga ranu terhubung oleh akses jalan yang cukup baik, bahkan ada dokar sarana transportasi tradisional di sana. Obyek wisata ini berada di ketinggian 700 Mdpl. Lokassinya sekitar 18 Km arah Utara Kota Lumajang.

Pemandian Banyu Biru (Sumberejo/Pasuruan)
Sekitar 20 Km dari jalan raya Pasuruan Pemandian Banyu Biru, menurut legenda masyarakat setempat, merupakan tempat para bidadari turun dari kahyangan untuk mandi. Dulu dikenal dengan sebutan Telaga Wilis, letaknya -Surabaya, tepatnya di Kec. Winongan.

Air Terjun Kakek Bodo (Prigen/Pasuruan)
Kawasan wisata yang berada di ketinggian 850 Mdpl, terletak di desa Tretes. Dikelola oleh Perum Perhutani Unit II Jawa Timur. Air terjun dengan ketinggian sekira 40 M yang ada cukup memesona. Di sekitar kawasan tersebut ada 3 air terjun lain, Alap-alap, Putuk Truno, dan Sengguruh.

Taman Safari Indonesia II (Dayurejo/Pasuruan)
Taman Safari Indonesia II merupakan wahana wisata dan konservasi beragam binatang. Berdiri di atas lahan seluas lebih dari 350 Ha di lereng G. Arjuno. Berada di ketinggian 800 - 1500 Mdpl, dengan suasana hutan basah yang sejuk. Kawasan ini merupakan kombinasi wisata kebun binatang modern dan keindahan alam yang natural. Dibuka pertama kali tahun 1997. Terdapat lebih dari 2500 jenis binatang dari 200 spesien yang berbeda. 

Ranu Grati (Grati/Pasuruan)
Ranu atau Danau Grati sekitar 15 Km arah Timur Pasuruan, atau sekitar 60 Km dari Surabaya. Panorama danau seluas 197 Ha ini begitu indah dengan latar belakang Pegunungan Tengger. Di sini juga digunakan untuk budidaya ikan dengan sistem keramba yang dikelola warga setempat.

UP3 Tretes (Tretes/Pasuruan)
Unit Pelaksana Pengembangan Perlebahan adalah salah satu unit di bawah pengelolaan Perum Perhutani Unit II Jatim. Di lokasi paling tinggi di Tretes ini terdapat pusat pengembangan lebah. Berada di lereng G. Welirang jalurnya mudah dijangkau, baik dari arah Surabaya atau Malang, berjarak sekira 54 Km.

Pulau Bawean (Bawean/Gresik)
Di sana adalah potensi utama wisata alam Kab. Gresik. Pulau dengan luas 194,11 Km2 ini berjarak sekira 80 mil laut di Utara Gresik. Lama perjalanan dengan kapal cepat butuh waktu 3 jam pelayaran dari dermaga Gresik. Diantar potensi menarik adalah Danau Kastoba dan Pulau Gili.

Kawah G. Kelud (Ngancar/Kediri)
Secara administratif, G. Kelud terletak di perbatasan Kab. Kediri, Blitar, dan Malang. Cara paling mudah untuk mencapainya mulai dari Kediri, Wates, kemudian ke Desa Sugihwaras. Dari Kota Kediri berjarak sekitar 40 Km. Menikmati pesona alam dari puncak dan bibir kawah G. Kelud.

Pemandian Prataan (Parengan/Tuban)
Pemandian air panas Prataan berada di wilayah Perum Perhutani KPH Parengan. Terletak di desa Wukiharjo, dari pusat kota Tuban berjarak sekitar 45 Km arah Barat. Sementara dari perbatasan Bojonegoro-Tuban, jaraknya juga bisa ditempuh dalam hitungan 30 menit. Khasiat air yang dikandung dipercaya efektif membantu menyembuhkan pegal-pegal dan rematik

Sentra Ukiran Bonggol (Saradan/Madiun)
Tempat ini sangat mudah didapat, karena berada di tepi jalan jalur Surabaya-Madiun. Letaknya tepat berada di depan kawasan hutan Saradan. Para perajin ini dibina oleh Perum Perhutani, yang sekaligus sebagai pemasok utama bahan bonggol Jati.

>> Wisata Pantai

Pantai Watu Dodol (Kalipuro/Banyuwangi) 
Adalah lokasi wisata keluarga yang cukup menarik. Dilengkapi taman bermain anak, artshop, cafe. Tepatnya berlokasi di jalur utama yang menghubungkan Situbondo-Banyuwangi. Penanda dari lokasi wisata ini, terdapat patung Penari Gandrung, dan sebongkah Batu besar yang membelah jalan. Jaraknya 15 Km sebelah Utara kota Banyuwangi.

Pantai Grajagan (Purwoharjo/Banyuwangi)
Pantai indah ini berada di 50 Km arah Selatan Banyuwangi. Di lokasi ini pula dapat menikmati panorama dari tiga goa peninggalan Jepang. Lokasinya berada di ketinggian 20 Mdpl. Selain itu, di lokasi ini dapat dinikmati pula Goa Cokro, Goa Sriwulan, Batu Kuluk Minak Kuncar, dan lainnya.

Pantai Sukamade (Banyuwangi)
Pantai tenang nan elok ini merupakan habitat alami tempat bertelur empat dari tujuh jenis penyu yang ada di dunia. Berada di dalam kawasan Taman Nasional Meru-Betiri. 98 Km arah Selatan Banyuwangi. Lebih aman menggunakan gunakan kendaraan 4WD untuk mencapai bibir pantai.

Pantai Plengkung (Banyuwangi)
Pantai ini merupakan salah satu dari tiga Obyek Wisata Segitiga Berlian (G-Land) andalan Kab. Banyuwangi. Pantai ini sangat populer di mata Internasional sebagai tempat selancar yang cukup menantang yang ada di negeri ini. Di sini sangat terkenal dengan gelombang ombaknya. Terletak di Selatan berjarak 88 Km dari kota Banyuwangi.

Pantai Pasir Putih (Bungatan/Situbondo)
Pantai ini memiliki pesona yang eksotis, dan ditengarai satu-satunya pantai di pulau Jawa yang taman lautnya masih bisa dinikmati. Lokasinya mudah dicapai, karena berada di jalus utama Probolinggo-Banyuwangi. Sebab ombak di sana tidak terlalu besar, maka memberi alternatif bagi wisatawan untuk berperahu dengan nyaman di sana.

Pantai Watu Olo (Ambulu/Jember)
Panorama indah pantai yang berjarak 40 Km, arah Selatan Kota Jember ini sungguh menawan. Berada di desa Sumberejo, pantai yang kaya akan kisah legenda ini cukup eksotis dengan pemandangan pantai berhias karang yang menyerupai tubuh ular.

Pantai Tanjung Papuma (Wuluhan/Jember)
Pantai ini seluas 25 Ha, berada di kawasan Perum Perhutani. Masuk desa Lojejer, sekitar 37 Km, Selatan Kota Jember. Nama Papuma dipakai untuj menunjukkan dua obyek wisata sekaligus, pantai Pasir Putih dan pantai Malikan. Obyek lain yang bisa dinikmati adalah Goa bekas tempat pengintaian pasukan Jepang. Di bawah goa tersebut terdapat goa yang dihuni oleh ribuan kelelawar, disebut Goa Lowo.

Pantai Puger (Puger/Jember)
Terletak di Barat Laut Kota Jember, sejauh 36 Kmmenyajikan pesona pantai yang menarik dan Goa. Dari pantai ini bisa melanjutkan penyeberangan ke pulau Nusabarung, menggunakan kapal nelayan. Juga terdapat gerai lesehan dengan menu ikan bakar.

Pantai Bentar (Gending/Probolinggo)
Bentar Indah adalah obyek wisata Pantai yang terletak di tepi jalan raya Surabaya-Banyuwangi, termasuk wilayah Kecamatan Gending, berjarak 7 km dari Kota Probolinggo, kearah Timur. Kondisi Bentar Indah sekarang letaknya tepat ditikungan jalan raya, dimana diseberang jalan terdapat bukit. Apabila para wisatawan berhasil menaiki bukit, akan tampak lokasi Bentar Indah berada dibibir pantai dengan latar belakang pemandangan laut yang sangat indah.

Pantai Ria Kenjeran (Surabaya)
Berada di Timur Surabaya, berada di kawasan Sutorejo. Pantai Ria Kenjeran dengan beberapa fasilitas yang beraneka ragam mulai dari olahraga hingga cinderamata khas Surabaya yang kebanyakan berbahan dasar dari laut. Terdapat juga penjualan makanan khas Surabaya (sate kerang, kupang lontong, lontong balap, rujak cingur, dan sebagainya).

Pantai Delegan (Panceng/Gresik)
Tepatnya berada di desa Delegan, Kec. Panceng. Dari Kota Gresik berjarak sekitar 40 km. Untuk sampai ke Delegan, dari Sidayu melewati hutan jati Panceng, akan tampak papan penunjuk arah menunjukkan wisata Pantai Dalegan, dari jalan arteri masuk ke utara sekitar 1 km. sudah sampai ke pantai dengan luas 2.5 hektar dan pasirnya berwarna putih ini.

Pantai Sowan (Bancar/Tuban)
Pantai Sowan terletak di Kecamatan Bancar, dengan jarak kurang lebih 40 km arah Barat Kota Tuban. Pantai ini masih sangat alami, sunset dan panorama yang indah bisa ditemui di sini.Pantai ini berada tepat di Jalur Pantura Rembang-Tuban. Tempat ini menyuguhkan keindahan pantainya dengan butiran-butiran pasir yang berwarna putih, karang-karang yang indah dan juga bebatuan alami yang menarik.

Pantai Balekambang (Batur/Malang)
Berada di Selatan Kota Malang berjarak sekitar 57 Km untu sampai di sana. Keindahan lain yang ada di sana, ada 3 pulau berjajar di hadapannya. P. Ismoyo, P. Anoman, dan P. Wisanggeni. Di P. Ismoyo terdapat Pura sebagai tempat ibadah umat Hindu.

Pantai Sendang Biru (Turen/Malang)
Dari Pusat kota Malang pantai ini berjarak 69 km kearah selatan menuju daerah Turen. pantai ini memiliki ombak yang lebih tenang meski berhadapan langsung dengan samudra, hal ini karena pantai terhalang pulau sempu yang berada tidak jauh dari bibir pantai. Karena kondisi ini pantai sendang biru menjadi pantai yang cocok untuk tempat berlibur bersama keluarga.

Pantai Sendang Biru (Sumbermanjing Wetang/Malang)
Untuk mencapai pantai yang berada di Desa Tambak Rejo ini, harus di tempuh perjalanan sejauh 5 jam. Kawasan ini terlindung di balik Pulau Sempu yang tak kalah eksotis. Konon, nama Sendang Biru sangat identik dengan hasil laut. Salah satu yang perlu kita kunjungi pula adalah PPI (Pangkalan Pendaratan Ikan) Pondokdadap, yang berjarak sekitar 500 M dari kawasan pantai.

Pantai Talang Siring (Larangan/Pamekasan)
Pantai Talang Siring terletak di Desa Montok Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Berjarak sekitar 14 km arah Timur dari Kota Pamekasan, dapat ditempuh dengan angkutan umum. Lokasi wisata ini selalu ramai dikunjungi, karena letaknya berdekatan dengan jalan jalur utama, jurusan Kalianget - Kamal.

Pantai Camplong (Camplong/Sampang)
Pantai Camplong merupakan sebuah kawasan yang cukup terkenal di Kab. Sampang, karena mempunyai pemandangan laut selatan Pulau Madura. Dihiasi pohon Cemara berderet menuju bibir pantai. Letaknya sekitar 9 km ke arah Timur pusat kota Kabupaten Sampang. 

Pantai Slopeng (Dasuk/Sumenep)
Pantai Slopeng adalah pantai dengan hamparan gunung pasir putih yang mengelilingi sisi pantai sepanjang hampir 6 km. Pantai Slopeng terletak di kawasan kurang lebih 20 km arah Utara Kota Sumenep, Jawa Timur. Air pantainya jernih dan pasirnya putih yang menghampar luas dihiasi pohon Kelapa dan Siwalan di pinggir pantai.

Pantai Lombang (Batang-batang/Sumenep)
Cemara Udang adalah tanaman langka yang memiliki karakter khas, tanaman ini pula yang menjadi ciri kawasan wisata pantai ini. Berjarak 30 Km dari pusat kota Sumenep. Selain pesona permukaan laut yang kaya tekstur, posisi Pantai Lombang di kawasan Laut Utara P. Jawa. Jadi bisa menikmati matahari terbit dan tenggelam.

Pantai Popoh (Tulungagung)
Pantai Popoh Tulungagung merupakan obyek Pantai yang langsung menghadap langsung ke laut bebas Samudera Hindia. Menawarkan banyak eksotika keindahan panorama. Pantai lain disekitar Popoh yang jaraknya begitu dekat adalah Pantai Sidem, Pantai Sine dan Pantai Klathak. Ketiga pantai ini masih berada di sekitar Teluk Popoh.

Pantai Pelang (Panggul/Trenggalek)
Dari pusat Kota Trenggalek harus menempuh perjalanan sejauh 56 Km ke arah Barat Daya, tepatnya di desa Wonocoyo. Bila dari Surabaya, jarak yang harus di tempuh sekira 237 Km, melalui perjalanan darat yang cukup nyaman dilalui. Pantai dengan panjang 300 M, dilengkapi perhiasan alam bongkahan karang yang terus disapa ombak. Juga bisa dinikmati air terjun dengan ketinggian 25 M.

Pantai Srau (Pringkuku/Pacitan)
Menuju obyek wisata ini harus menempuh jarak sejauh 25 Km ke arah Selatan kota Pacitan. Lokasinya berada di dusun Srau, desa Candi. Pesona alam yang ditawarkan sangat indah, pantai dan bukit-bukitnya, dan bongkahan karang yang langsung menghadap ke laut Selatan.

Pantai Teleng Ria (Pacitan)
Pantai ini terletak di Desa Sidoharjo. Berjarak 4 Km di Selatan Kota Pacitan. Pesona yang ditawarkan adalah pasir putih khas pantai, ombak sedang, pohon nyiur berjajar, dan bukit yang mengelilingi pantai. 

Pantai Klayar (Pacitan)
Pantai yang masih sangat alami ini berada di 45 km sebelah Barat dari Kota Pacitan. Pesona alam yang ditawarkan adalah pasir putih yang sangat bersih serta batu karang sphinx yang sering dibilang seruling laut, dan deburan ombak yang sangat memikat.

>> Tips Berwisata 

1. Menghadapi cuaca panas, lengkapi diri dengan kacamata hitam untuk melindungi mata, dan cairan penahan tabir surya (sun-block) untuk melindungi kulit dari efek negatif sinar matahari. 

2. Banyaklah minum air, supaya tidak dehidrasi (kondisi kekurangan cairan tubuh). Pastikan air yang kita minum sudah steril, atau minimal mendidih. Apabila ragu, pilihlah air dalam kemasan. 

3. Selalu gunakan alas pelindung tapak kaki, seperti sandal, kaos kaki atau sepatu. Hal ini baik untuk mencegah penyebaran kotoran atau parasit kulit.

4. Selalu menjaga kebersihan badan, terutama apabila kita sering berkeringat, berenang di air yang tidak terjamin kebersihannya, atau memakai kamar mandi bersama. 

5. Daerah tropis selalu dihuni nyamuk. Jadi bawalah selalu obat anti nyamuk yang dapat dioleskan ke kulit. 

6. Pilihlah makanan yang sudah terjamin kebersihannya. Usahakan makanan tersebut baru dimasak pada saat kita pesan, bukan makanan kemarin yang dihangatkan kembali. 

7. Hindari makanan yang dimasak setengah matang atau dimasak sebagian, karena bakteri yang terdapat pada makanan tersebut tidak mati dan bisa terbawa ke tubuh kita. Pilih selalu buah-buahan yang masih bersama kulitnya untuk menjamin kebersihannya. 

8. Sebisa mungkin jangan merubah jadwal makan dan tidur kita, karena dapat menganggu ketahanan tubuh. Rencanakan dari awal segala sesuatunya sehingga hanya terjadi sesedikit mungkin perubahan pada rutinitas tersebut. 

9. Bawalah obat-obatan yang biasa kita konsumsi apabila ada, atau perlengkapan pertolongan pertama pada kecelakaan, seperti obat antiseptik, alkohol, kapas, balsem penghangat, dll.(scg) 


Dikutip selengkapnya dari: suarasurabaya.net  & Surabaya City Guide

Subscribe to receive free email updates: