Wisata Watu Jonggol Sine Ngawi


#KabarNGAWI #NGAWIRamah

Foto: Riyanike Arista


Kawasan Wisata Sumber Kamulyan Watu Jonggol ini berada di lereng gunung lawu yang terletak di Desa Pandansari ±7 Km dari Kecamatan Sine. Sumber Air Kamulyan Watu Jonggol ini merupakan wisata alam yang menawarkan keindahan air terjun setinggi ±45 meter yang tercurah dari tumpukan batu-batu alam yang tersusun secara unik dan mengesankan. Berpadu dengan eloknya panorama alam pegunungan yang menghembuskan bulir-bulir udara sejuk segar alami ditengah rimbunnya hutan pinus jelas menambah kenikmatan khas yang sensasional.


Watu Jonggol. Foto: Riyanike Arista


Akses menuju ke Lokasi Wisata Sumber Air Kamulyan Watu Jonggol dapat ditempuh dengan berbagai sarana transportasi, baik roda 2 maupun roda 4 hingga tempat perhentian yang disediakan untuk kemudian melanjutkan dengan berjalan kaki sejenak ke wahana wisata. Watu Jonggol berada pada koordinat -7.541933, 111.164077 (klik) dan berada di kawasan hutan pinus dengan jarak menuju ke lokasi air terjun sekitar ± 7 km dari pusat kota Kecamatan Sine dan ± 45 km dari pusat Kota Ngawi dengan topografi relatif terjal dan curam. Namun keindahan alam yang ditawarkan sangat jarang ditemui di lokasi air terjun lain, sebab sepanjang perjalanan menuju ke Sumber Air Kamulyan Watu Jonggol terdapat 2 air terjun lain (Air Terjun Kamulyan dan Air Terjun Watu Jonggol), dan 2 kolam renang yang airnya berasal dari sumber mata air Watu Jonggol. Sementara ini pengelolaan wilayah ini berada pada naungan perhutani mengingat lokasi air terjun berada di kawasan hutan pangkuan Perhutani.


Watu Jonggol. Foto: Riyanike Arista


Perjalanan menuju Wisata Sumber Air Kamulyan Watu Jonggol dilalui dengan melewati jalan pedesaan dimana kanan dan kirinya sebagian besar adalah sawah dan kebun pertanian. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan menyusuri lereng kaki gunung Lawu dengan kondisi jalan yang terkadang meanjak curam dan terjal. Sebelum menuju ke Sumber Air Kamulyan Watu Jonggol, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan hutan yang berada di sisi jalan. Setelah melakukan perjalanan dengan pemandangan hutan yang eksotik dan melewati sederetan batu yang tertata alami maka akan terlihat tumpukan batuan alam yang tersusun secara artistik seperti keluar dari permukaan tebing dengan air terjun yang mengalir deras kebawah secara begitu indah. Inilah Sumber Air Kamulyan Watu Jonggol. Nama Watu Jonggol secara harfiah dalam Bahasa Indonesia adalah Tangga Batu ("Watu" = Batu dan “Jonggol” berarti Tangga).


Watu Jonggol. Foto: Riyanike Arista



Watu Jonggol. Foto: Anurwahyudi Openg Purbo Asmoro


Setelah puas menikmati indahnya air terjun Watu Jonggol, melanjutkan perjalanan lagi menuju air terjun yang kedua yaitu Sumber air terjun Kamulyan. Perjalanan menuju ke air terjun ini mulai menuruni anak tangga dengan meninkmati pemandangan gunung lawu. Sumber Air Terjun Kamulyan yang terletak sekitar 100 meter di bawah Air Terjun Watu Jonggol dengan ketinggian air terjun sekitar 35 meter. Keindahan Sumber Air Terjun Kamulyan ini juga tidak kalah indah dengan Sumber Air Watu Jonggol yang berda di atasnya.Selain kedua sumber air itu di sana juga ada dua kolam renang yang bisa memanjakan para wisatawan yang ingin menikmati pesona alam gunung lawu sambil berenang didalam kolam yang segar dan dingin. Mau coba ?

Watu Jonggol. Foto: Rempitalica Hanako

Untuk informasi tiket masuk cuma 5 ribu dan parkir 1000 saja bro. ^_^


Sumber artikel : Humas Kabupaten Ngawi

Subscribe to receive free email updates: