Suara Bumi Orek-Orek

New Gapura Alun-alun Ngawi
#NegeriDagelan

BLULUK TIBO- Sugeng Dalu mas. " Y'po kabare? Isek penak jamanku tho? " Begitulah bunyi setiker yang kini beredar luas. Di kaca mobil, di bak truk, di slebor sepeda motor.
Bahkan ikut nempel pula di becak. Hehe Setiker tersebut agaknya beda. Beda dari yang sebelumnya. Makanya jadi perbincangan banyak orang.


Nun jauh disana. Di dusun Bluluk Tibo, yang kata orang-orang merupakan tempat tinggalnya Gareng. Disanalah Gareng mendirikan apartemen mewahnya. Gak tanggung-tanggung bro tingkatnya ada 102 lantei. Selisih 1 lantei aja dengan Taipei 101 di Taiwan kae. Begitulah Gareng, lebih sugih daripada anggota De-Pe-Er yang cuma modal 50ribu bisa gasak uang rakyat Milyaran rupiyah.

Tapi Gareng itu orangnya bersih. Paling anti dengan uang Haram. Karena dia sudah dibekali ilmu dari Guru Ngajinya dulu. " Yang Menyuap dan Yang Disuap Masuk Neraka! ". Kata-kata itu selalu terngiang dibenaknya. 

Suatu pagi, masih di Bluluk Tibo. Orang-orang dipasar pada umyek. Sambil jualan terus ngobrol ngalor ngidul ndak karuan tapi masih bahas setiker tadi. " Mas pye kabare? Isek penak jamanku tho? Jamanku bensin Rp 750 la jamanmu piro? ".

Bedanya, kalo setiker sebelumnya bergambar mbah Harto dan pak Beye. Ini lebih greget lagi. Jadi 3 orang. Ada mbah Harto, pak Beye dan mas Jokowi.

Ya, Presiden Republik Indonesia terpilih yang baru dilantik itu ternyata sangat populer. Mbuh karena prestasi, mbuh apa karena pencitraanya. Wkwkkww

Sampek kini setikernya berbunyi,
Mbah Harto : " Pye le isik penak jamanku to? Jamanku bensin 750 la jamanmu piro? "
SBY : " 6500 mik an mbah.. "
Jokowi : " Wkwkw Nopember meh tak undakno 3000 maning mbah. Dongakno lancarr yoo?? "

Masih ingat ndak dulu waktu dia masih di oposisi? Gayane dengan lantang menolak kenaikkan harga BBM. Eh setelah terpilih ganti ngotot minta BBM dinaikkan. Lalalalaaa jajal delok wae y'po nanti pemerintahane. 

:D

Ya begitulah. Ini fenomena lawas. Gak seperti kabar yang beredar di Bumi Orek-Orek. Kuwi lo yang Bupatinya doyan rekor murian neh? Kabare harga gabah nyampek 3500 rupiyah tok. Ragat tanam dan hasil jual panennya ndak sesuai. Malah jomplang. Bertahun-tahun garap sawah. Direwangi isuk awan bengi ngurusi pari. Dari macul, garu, mupuk, matun. Sampek malem-malem harus nurut banyu. Jalan kaki berkilo-kilo meter yo dilakoni. Tapi nasibe wong cilik. Tiap panen justru harga gabah anjlok. Bahkan harus tombok utang. 

Tapi itu lah pak Tani. Yang berprinsip," Wong urip kui sik paling tenang yen iso gawe gabah dewe..". Maksudnya bisa makan beras dari usaha sendiri. Bukan dari beli diwarung misalnya.

Lain lagi masalah panen. Ini masalah raskin. Dikutip dari Antara Jatim jika Kota Kripik juga masih nunggak bayar Raskin ke Bulog sebesar 3,6 Milyar. Akhirnya untuk sementara penyaluran raskin di stop.

Trus duwitnya mlayu no ndi jal? Bagong yang selama ini ikut memantau penyaluran raskin ikut geleng-geleng. Berdasar pantauannya di sejumlah desa dari beberapa kecamatan di Ngawi. Ia dapati kasus Raskin yang tidak tepat sasaran. Bahkan aparat desa tidak terbuka. Gosipnya, raskin itu dijual ke tengkulak. Uangnya trus buat dana pembangunan desa. Tapi entah kemana.

" Laopo ndak mikir to aparat desa ki. Genah wargane keluwen. Nganti mangan gaplek untuk bertahan hidup ngunu yo nekat digasak jatahe wong miskin! ", begitu celoteh Bagong di akun Twitternya.

Trus dikomen sama Petruk yang saat itu kebetulan juga Twitter-an. " Yo embuh Gong. Donyo ki pancen pepak kok e. Onok sik rabi karo memedi. Banyak juga Bupati yang tak peduli. Onok rakyate numpak mobil nganti glundung perkoro dalane bag Sirkuit Catalunya. Onok pohon Pisang sik tumbuh di jalan tol. Onok juga Sekolah yang nekat Gasak dana BSM alesane buat beli baju Olahraga.. "


Jal delok ae taun ngarep isik kepilih maning pora? Lak isik yo ngalamat iki. Kapan berubahe nasib Ngawi? Ojo sampek milih pemimpin yang cuma doyan rekor muri. Bahkan tak mau tahu keadaan rakyatnya sendiri.(tho/joj)

Subscribe to receive free email updates: