Tahu Lontong Patria Blitar Nendang di Lidah

Tahu lontong patria Blitar
#KULINER #BLITAR

Blitar - Jalan-jalan ke Kota Blitar tak lengkap rasanya jika tak menikmati kuliner tahu lontong khas Blitar. Salah satu yang paling diminati wisatawan adalah tahu lontong Ayu Patria yang ada di Jl Lawu Kota Blitar.

Bumbu tahu lontong ini cukup sederhana namun rasanya cukup
nendang di lidah karena level kepedesannya bisa disesuaikan dengan selera penikmatnya.


Dengan bahan dasar tahu yang digoreng setengah matang, lontong yang dipotong kecil dan ditambahi bumbu kecap yang diulek jadi satu dengan terasi dan bawang putih yang dihaluskan ditambah cabai rawit halus membuat panganan sederhana ini menjadi nikmat dan pedes.

Rasa pedes dan manisnya yang kuat ditambah dengan tahu yang digoreng setengah matang dan langsung disajikan selagi hangat plus dirambah kecambah serta irisan seledri membuat panganan yang hanya dijual malam hari ini semakin menggiurkan selera.

"Tidak semua wisatawan tahu tempat kami, apalagi sejak belasan tahun lalu kami hanya berjualan di kaki lima ini. Namun semua yang pernah tinggal disekitaran alun-alun Blitar dan kota ini pasti tahu tempat ini. Dan biasanya saat kembali ke Blitar mereka akan mampir kesini," ungkap Ayu, penjual tahu lontong, Sabtu (4/4/2015).

Meskipun terkenal dengan kesederhanaan rasa dan kelezatannya, Ayu tak lantas menaikkan harga tahu lontongnya. Sepiring tahu lontong bisa dinikmati seharga Rp 7 ribu dan juga tersedia teh hangat yang satu gelasnya hanya dihargai Rp 1.000 saja.

"Kami buka mulai jam 7 malam sampai dini hari dan biasanya saat hari libur begini harus ngantri dulu, karena banyak yang beli," bebernya.

Bagi pembaca yang mampir di malam hari di Blitar, memang kuliner satu ini bisa jadi jujukan. Namun anda harus menyiapkan kesabaran yang ekstra karena penyajiannya hanya dilakukan oleh satu koki. [rea/but]

Sumber: beritajatim.com

Subscribe to receive free email updates: