Gendaan [Pacaran] dan Ujian [ Nasional ]

Berikut contoh salah satu kasus remaja yang doyyan gendaan,
Status FB nya:

1. Ndess, carane m0ve on tanpa ngabisin duit iw pie ya? | turu wae jhonn | ah gak mempan ndess, ngko nak tangi kumat neh galaune | yowis to jhonn, gak usah tangi nag gak pngen kumat | hla trus ndess? | turuo terus gak usah tangi ! | " plakk, kaplok ae!


2. Gilak !! Mau pergi keluar aja gak ada temen! Cik dah! Sepi bingit hidup gua ! Bener2 gak punya temen hidup disini :-|

3. Gak ortu ! Gak konco ! Kabeh podo wae ! Gak pernah enek sing pengertian ! Isine mentingne urusane dewe2 ! Kapan aku penting e ??? ;-(

STATUS 1
Bisa dilihat, dia bingung karena putus tok Gendaan. Segitu galou nya dia sampek mumet cari jalan keluar. Setan menawarkan, " Mau jalan keluar? tidur ae selamanya [mati] ".

Seperti ini bahayanya jika anda gendaan, tersesat bingung, ndak tahu harus gimana. Sampek berani bunuh diri.

Ini kejadian nyata bukan rekasaya loh. Di Sragen, Jawa Tengah itu sampai kejadian seorang cowok nyemplung renang di Bengawan Solo. Persisnya di tahun 2012 kemarin. Itu sampek banyak orang yang bantu nyari. Hanya karena diputusin ceweknya. " Masyaaaallah T e r l a l u ", kata Bang Rhoma Irama.

Memang masa muda, masa yang berapi-api. Tapi jangan lepas kontrol semau sendiri.

Jangan karena cinta tyus membutakan logika. Dipakek uteknya buat mikir. Masa muda itu bukan masa buat mikirin cinta-cinta mbell seperti iku.

STATUS 2
Sampek sekolah terganggu, apa-apa terganggu. Nilai turun mosok mik karena gendaan? Sama bolo gak diapak-apakno nesu karepe dewe.

Jare gak duwe konco padahal koncoe pirang-pirang. Seakan teman yang selalu ada itu gak dianggep blas. Sampai dia merasa hidup sendiri. Masyaallah,,,,

STATUS 3
Laini malah lebih parah lagi. Bukan hanya temannya saja yang kenak, eh malah orang tuane pisan diamuk.

Hati-hati deg, Wong Tuo iku arepo pye2 tetep kudu diajeni. Tetap harus dihormati dalam keadaan apapun. Ingat ndak kalou " Syurga dibawah telapak kaki Ibuk? ".

Apalagi mau mendekati Ujian Nasional. Hati-hati dijaga kesehatannya. Bukan cuma fisik tapi jiwa juga haros dijaga.

Psikologi ini efeknya sangat besar lou. Lak cuma fisik bisa di sampingkan dulu bisa diobati. Tapi yang namae psikologi, jiwa, batin yang terganggu gimana bisa konsen jal?

Dari survei yang saya lakukan, hasilnya menunjukan sangat besar pengaruh jiwa terhadap prestasi belajar.

Dan ternyata walou sama-sama Ikut Ujian. Beda hasilnya antara yang gendaan dan yang tidak. Mereka yang gendaaan rata2 mengalami degradasi nilai. Penurunan signifikan terhadap nilai hasil belajar.

Tentunya ini sangat berbahaya terutama untuk anak-anak usia sekolah. Dimana masa-masa bahagia mereka untuk menuntut Ilmu dan mengejar prestasi, harus terganggu oleh kegiatan setan.

Anda pernah denger alasan arek-arek sing gendaan ngomong ngene, " Aku gendaan buat menambah motivasi belajar kok ".

Lagi-lagi Setan membuat statement yang berhasil dianut banyak anak muda. Mana ada hubungannya gendaan dengan menambah motivasi belajar?

Justru dengan gendaan Konsentrasi buyar, wayahe disekolah belajar malah ngalamun? Bahkan membolos demi pacaran. Malam waktunya belajar justru keluyuran. Trus paginya malas-malasan. Apike no ndi jal?

Hati-hati kini lebih kronis lagi. Di negeri kita gendaan sudah menjadi budaya. Jaman dulu gak da model gituan. Yang parah Setan berhasil menjadikan pacaran sebagai ajang buka-bukaan. Kalou gak dikasih jare gak sayang. Kalou dikasih sama-sama enaknya. Akhirnya meteng sebelum nikah. Yang malu sapa jal?

Berapa banyak kasus pacaran berlanjut kehamilan? Berapa banyak kasus DO[Drop Out] dari sekolah hanya karena hamil duluan padahal mendekati Ujian.

Semua rugi terlebih rugi kaum wanita nya. Sudah dihamili ditinggal lari. Ini harus menjadi catatan bersama. Mulai Orang tua/ walimurid, Guru, Siswa, dan masyarakat umumnya.

Masyarakat sekarang umumnya tak peduli dengan gendaan. Seolah wajar-wajar saja. Padahal ini termasuk penyakit kronis. Pembiaran ini bisa kita lihat dimana-mana.

Dulu saat saya masih sekolah SMK di Ngawi kalou malem kan pernah muter-muter Ngawi Kota 'ngonthel' bersama kawan-kawan. Nah sambil nyari jalur-jalur petengan. Ternyata benar, tepatnya jalan kecil di belakang SMPN 2 NGAWI itu sering dipakei gendaan. Itu karena tidak adanya penerangan. Seolah gakda orang yang tahu, tapi Allah dimana???

Seperti itulah budaya setan. Sekali lagi berhati-hatilah. Khususnya untuk adeg-adeg yang mau Ujian. Dilereni tok gendaan. Hilangkan selamanya. Sebab jalanmu masih teramat panjang.
(red-@Handocoe_HanCel)

Subscribe to receive free email updates: