Khalifah Umar bin Khattab

Khalifah Umar bin Khattab
#Cermin


Saat Pemimpin, Pejabat, dan siapapun yang masuk Khalifah. Kemudian dia memberi kepada warga miskin jangan dikira itu kebaikan besar buat dia.

Justru jika Pemimpin wareg, kok wargane keluwen maka Pemimpin itu akan ditanya tentang jabatannya.


Dahulu Khalifah Umar bin Khattab pernah malam malam, bersama sahabatnya sidak. Sidaknya malam malam. Saat itu Umar melihat cahaya dibalik bukit. Kemudian ia mendekatinya, ternyata disitu ada seorang wanita yang sedang memasak batu. Yah, masak batu, bukan makan. sedangkan disampingnya, anak anaknya sedang menangis karena kelaparan.

Wanita tadi emang belum tahu sama sekali saat itu siapa Khalifah Umar bin Khattab, bagaimana wajahnya dan bagaimana ciri-cirinya. Kemudian Umar bersama sahabatnya tadi pulang kembali. Kemudian mengambil sekarung Gandum untuk diberikan ke wanita tadi. Sahabatnya berkata," Wahai khalifah Umar, biarlah aku yang membawa Gandum itu..". Umar menjawab," Wahai sahabatku apa kamu mau menempati Neraka menggantikanku? "

Seketika itu pula sahabatnya tadi mengangkat sekarung gandum ke pundak Umar bin Khattab. Lantas dibawanya gandum tersebut ke wanita tadi. Dan kemudian memasaknya. Dan Umar menyuruh wanita tadi untuk menghadap Khalifah Umar bin Khattab besok pagi.

Seperti itulah gambaran Khalifah saat itu. sangat bertanggung jawab terhadap rakyatnya. Karena Neraka-lah tempat Pemimpin yang tak amanat. Tempat pemimpin yang hanya duduk dibalik meja. Tidak tahu keadaan rakyatnya. Apalagi sampai melakukan korupsi. Alias Maling duwite rakyat. Jahannam lah hotel bagi ia kelak.
Salam...

Subscribe to receive free email updates: